Informasi

Mau tinggal di Ciganjur? inilah harga jual tanah disini

Hidup di Ibukota Jakarta memang semakin hari terasa semakin sempit terutama bila anda menginginkan tempat tinggal yang lingkungannya nyaman. Pertambahan jumlah penduduk yang terus meningkat adalah salah satu faktor penyebab lingkungan menjadi sempit dan tidak nyaman lagi untuk ditinggali. Dampak negatifnya adalah sanitasi lingkungan tidak baik, udara kotor dan keamanan yang semakin rawan.

Ciganjur dan sekitarnya adalah salah satu wilayah dari kota Jakarta yang menjadi tujuan favorit warga dari berbagai penjuru untuk menetap di wilayah ini. Secara umum banyak yang mengatakan dari kalangan warga asli maupun warga pendatang bahwa kampung Ciganjur lingkungannya masih nyaman, sumber air tanah cukup baik, udaranya bersih, banyak pepohonan dan belum padat penduduk.

Tidak heran jika sejak tahun 2000an banyak pembangunan perumahan baru di wilayah kampung Ciganjur baik yang dikerjakan oleh pengembang properti maupun oleh individu. Dikarenakan cukup tingginya angka pertumbuhan pembangunan properti di wilayah ini maka dari tahun ke tahun harga jual tanah dan rumah tinggal terus melambung tinggi.

Hingga kini pembangunan perumahan tipe cluster terus tumbuh dari tanah-tanah yang dahulu kosong sebagai kebun-kebun yang rindang. Harga kisaran rumah baru tipe cluster berukuran LT/LB 90/100 telah mencapai ± 700-800an juta rupiah, dan jarang ada yang menjual rumah dibawah ukuran tersebut. Karena umumnya lahan terbatas dan akan lebih baik jika bangunan ditingkat keatas.

Bila anda mau berhemat, maka pilihannya adalah membeli tanah untuk kemudian dibangun sendiri. Namun tahukah berapa harga jual tanah di kampung Ciganjur? Menurut data dari dinas perpajakan bahwa NJOP terakhir saat artikel ini kami buat (Maret 2015) telah mencapai sekitar Rp.2.5 juta, tetapi jangan salah bahwa harga pasaran akan jauh berbeda dari harga NJOP nya lho.

Harga pasaran sebidang tanah di wilayah Ciganjur telah mencapai antara Rp.3,5 – 4 juta/ meternya

Artinya jika untuk membangun sebuah rumah sederhana dengan model petakan yang layak maka anda sudah sangat minimal memerlukan tanah seluas 24m2 lalu dikalikan misalnya Rp. 4 juta maka siapkan uang cash sebesar Rp. 96 juta untuk membeli tanahnya saja. Dan sekedar informasi bahwa sudah hampir tidak ada yang menjual tanah ukuran-ukuran kecil atau petakan apalagi dengan sistem cicilan pada pemiliknya langsung.

Sungguh luar biasa mahalnya untuk hidup di Ibukota Jakarta.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s