Informasi / Wara wiri

Cara membayar pajak kendaraan bermotor di Jakarta

Anda punya motor atau mobil baru, dan sudah waktunya harus membayar pajak kendaraan bermotor akan tetapi belum ada pengalaman tentang bagaimana cara melakukannya? Kami akan berbagi pengalaman tentang langkah-langkah dan tips dalam membayar pajak kendaraan bermotor atau disingkat PKB yang setiap 1 tahun sekali harus kita bayarkan melalui layanan SAMSAT POLRI.Jika anda membeli kendaraan bermotor secara tunai maka semua surat-surat STNK dan BPKB bisa anda miliki seluruhnya, namun apabila membeli motor atau mobil dengan sistem kredit maka yang anda peroleh hanya STNK saja tanpa ada BPKB. Jika mau membayar pajak kendaraan maka anda terlebih dahulu harus mengunjungi pihak leasing untuk meminta photo copy buku BPKB (halaman tertentu saja) lengkap dengan cap/ stempel resmi pihak leasing tempat anda kredit kendaraan tersebut.

Jangan lupa untuk membawa photo copy BPKB sebelum anda pergi ke kantor SAMSAT untuk bayar pajak kendaraan. Atau kalau BPKB yang asli sudah dimiliki, maka bawalah bersama KTP asli dan STNK asli.

Wilayah anda tinggal tidaklah mengikat. Artinya jika anda tinggal di Jakarta timur dan ingin membayar di kantor SAMSAT yang ada di wilayah Jakarta selatan maka tetap bisa dilakukan, begitu juga sebaliknya. Namun perlu diingat bahwa ketentuan ini khusus berlaku bagi yang KTPnya adalah warga DKI Jakarta. Kalau KTP anda domisili Depok atau Bekasi dan selain Jakarta maka tidak bisa dilakukan, silahkan anda membayar PKB STNK di wilayah atau daerah sesuai alamat yang tercantum di KTP anda.

Cara membayar pajak kendaraan bermotor :

  1. Bawalah dari rumah ballpoint atau pulpen karena nanti anda akan mengisi formulir. Meskipun di areal SAMSAT banyak yang menawarkan orang menjual pulpen tetapi lebih baik membawa sendiri, lebih hemat dan murah tidak harus beli lagi yang biasanya harga jualnya sedikti di naikkan 🙂
  2. Siapkan dokumen berikut : KTP ASLI, STNK ASLI, dan BPKB ASLI ( jika kendaraan masih kredit maka siapakan photo copy BPKB dari pihak leasing yang di stempel resmi).
  3. Datangi kantor SAMSAT daerah, bisa kantor resmi maupun kantor SAMSAT keliling. Untuk kantor resmi di Jakarta bisa datangi yang di KOMDAK, atau di Gedung Pertokoan Thamrin City dekat Tanah Abang, dan  di lantai Basement salah satu gedung Blok-M Square di daerah Blok-M Jakarta selatan. Untuk SAMSAT keliling biasanya menggunakan bus SAMSAT POLRI yang tersebar di beberap lokasi seperti di depan Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta selatan, dsb. Tips : sebaiknya datang pagi-pagi untuk kenyamanan dan tidak mengantri yang terlalu panjang.
  4. Ambil formulir gratis di loket atau meja pendaftaran.
  5. Isilah formulir dengan lengkap dan benar. Jika anda bingung cara mengisinya maka silahkan lihat contoh format isian yang biasanya tertempel di sekitar meja pendaftaran.
  6. Selesai mengisi formulir maka selanjutnya pergilah ke bagian loket atau petugas photo copy dan serahkanlah formulir yang sudah diisi + KTP asli + STNK asli + BPKB asli ( atau photo copy-annya ). Disini petugas akan menggandakan dokumen tersebut sesuai jumlah yang dibutuhkan dan langsung menyusunnya dengan format susunan rapih yang sudah distandarkan. Tips : jangan bawa photo copy KTP atau STNK sendiri dari rumah, karena biasanya oleh petugas akan ditolak dan diharuskan mem-photo copy di sana.
  7. Sesudah anda photo copy maka bawalah semua berkas tersebut kembali lagi ke bagian loket atau petugas bagian pendaftaran untuk diperiksa kelengkapan berkasnya sesuai standar. Sertakan BPKB yang asli jika sudah punya, dan serahkan ke petugas untuk di cocokkan datanya. Nanti BPKB asli milik anda akan dikembalikan setelah diperiksa kurang lebih 1 menit, tetapi KTP anda akan dipinjam untuk sementara sampai pada proses pembayaran, dan anda akan dipersilahkan untuk menunggu antrian pembayaran.
  8. Tunggu dengan mengantri untuk pembayaran. Disini akan dipanggil nama peserta satu persatu untuk dipanggil ke loket pembayaran.Tips: Jangan lengah dan jangan berada jauh dari loket pembayaran agar ketika nama anda disebutkan anda langsung siap.
  9. Setelah itu waktunya membayar atau menyetor uang pajak di loket atau meja pembayaran apabila nama anda tiba giliran dipanggil. Anda harus menyetor uang tunai sejumlah yang ditentukan, selanjutnya anda akan terima kwitansi pembayaran dan KTP asli milik anda yang tadi dipinjam sementara. Simpan kwitansi, jangan di buang!.
  10. Kemudian anda dipersilahkan mengantri kembali untuk memperoleh STNK dan SKPD asli. Tips : seperti biasa, anda jangan lengah agar ketika dipanggil nama anda bisa langsung siap.
  11. Apabila nama anda dipanggil menuju loket atau petugas bagian pengambilan.Tukarkan kwitansi yang anda pegang untuk menerima STNK dan SKPD asli yang baru plus plastik pembungkusnya.
  12. Selesai.

Waspadalah : Jika anda mengurusnya tidak ke kantor resmi SAMSAT, tetapi anda melalui kantor SAMSAT keliling maka perhatikan keamanan motor yang anda parkirkan. Pada umumnya SAMSAT keliling berada di lokasi umum atau area taman dan lapangan. Jangan sampai terjadi – STNK baru diperoleh tetapi motor anda lenyap dicuri pelaku curanmor 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s